Selasa, 10 Maret 2015

Apa itu Termokapel?

         Jika kita membicarakan tentang pengukuran suhu, khususnya dalam penggunaannya pada thermometer digital. Namun apa sebenarnya termokopel itu sebenarnya? Termokopel, atau dalam bahasa inggris biasa disebut dengan “thermocouple” dimana “thermo” berarti energy panas dan “couple” dapat berarti pertemuan dari dua buah benda. Termokopel bisa juga disebut sebagai sensor dan transduser aktif suhu. Termokopel sendiri sering dipakai untuk pengukuran suhu dalam benda.
Prinsip Kerja dari termokopel cukup sederhana, yakni adanya perbedaan panas secara gradient akan menghasilkan tegangan listrik. Efek ini disebut dengan efek termoelektrik. Perubahan panas ini dapat diukur dengan dengan cara menggunakan gabungan dua macam konduktor secara sekaligus pada ujung benda panas yang diukur. 

         Konduktor tambahan ini akan mengalami gradiasi suhu, sehingga nantinya akan mengalami perubahan tegangan secara berkebalikan dengan perbedaan suhu benda. Logam yang digunakan di dua kondektur tersebut adalah berbeda untuk melengkapi sirkuit yang kemudian akan menghasilkan perbedaan pada tegangan. Perbedaan inilah yang dapat digunakan sebagai dasar pengukuran yang juga dapat bertambah seiring dengan bertambahnya suhu. Dengan menggunakan kombinasi logam modern, kisaran perbedaan tersebut berkisar antara 1 hingga 70 microvolt tiap derajad celciusnya.               Termokopel bekerja berdasarkan pembangkitan tenaga listrik pada titik dimana dua buah logam yang berbeda dipertemukan (dilas) yang biasa disebut titik panas atau titik ukur, sementara ujung lain dari logam tersebut disebut titik referensi atau titik dingin yang suhunya tetap konstan. Singkatnya, termokopel ini dapat mengukur suhu dengan berdasarkan pada perubahan suhu menjadi sinyal listrik, saat diantara titik referensi dan titik ukur terdapat perbedaan suhu.

        Termokopel dapat digunakan untuk mengukur rentangan suhu yang luas, yakni hingga 2300 derajad celcius, beberapa penggunaan termokopel adalah dalam bidang industri besi dan baja, pengaman pada alat-alat pemanas, thermopile sensor radiasi, dan pembangkit listrik tenaga panas radioisotop. Inilah secara singkat mengenai termokapel. Jadi termokapel sangat berguna dalam kehidupan kita karena alat ini sangat membantu kita dalam mengetahui suhu-suhu dari benda-benda maupun ruangan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar